Minggu, 23 Agustus 2015

Sayin Hi.

Gue ditodong anon buat nge-blog. Okay..here I am. Sayin Hi fo ya.

Udah mau akhir bulan aja sementara gue baru ngeblog. Haha maafkeun, lagi malesss....lagian gue gak bawa laptop lagi ke kantor, Im using their laptop jadi kurang enak kurang sedep aja kalau ngetik gak pake laptop sendiri. #alasan.

Bingung mau tulis apa. Bulan ini sebenernya ada beberapa moment spesial sih, cuma bingung mau cerita dibagian mananya.

Gue cerita tentang borosnya gue dibulan ini aja ya?
Apa gimana?
Random aja kali ya? I have no idea loh. Buntu nih tolong.

Mungkin akan gue mulai dari pelajaran simple yang gue dapetin dari bulan ini. Salah satunya kematian. Sebelum kalian lanjut baca, gue minta tolong kirimkan al-fatihah untuk beliau yang salah satunya ada di dalam cerita ini.

Di kantor kami punya aturan untuk make a good relationship dengan costumer. Jadi kalau ada pelanggan baik yang minta nomer hp atau contact gue, mau gak mau harus gue kasih. Beberapa dari mereka memang baik, tapi gak jarang juga sih gue tolak memberikan contact gue. I prefer give them my number, kalau menyusahkan ya gue block.

Sampai sekarang, beberapa masih berteman sama gue via BBM, Line, and some of them di Path juga. Semua gak ada salahnya, karna sewaktu-waktu gue bisa aja membutuhkan mereka. Gue pernah dibilangin sama temen gue seperti ini; "Gak ada salahnya kita simpen nomer atau kartu nama dari orang-orang yang kita temui. Karna kita gak bakal tau nantinya kita akan menjadi apalagi dan butuh bantuan siapa lagi. Punya banyak link itu perlu." Dan gue juga pernah mengikuti training motivasi yang menyatakan bahwa; "Bukan costumer yang membutuhkan kamu, tapi kamu yang membutuhkan costumer. Kalau costumer gak ada, darimana perusahaan bisa ngasih kamu gajih?." 

Dua kalimat itu kadang bikin gue ngerasa betapa pentingnya costumer yang datang even cuma ngisi pulsa.

Banyak kok costumer yang baik. Ada yang jadi temen, kalau ke kantor suka ngobrol lama sama gue padahal layanan nya sudah selesai. Ada yang sharing kehidupan masa lalunya, berbagi sama gue betapa pentingnya  punya planning hidup. Ada temen sekolah, yang bahkan semasa sekolah dulu kita gak pernah tegur-teguran, sekali dia dateng langsung ngomong gini; "Ya ampun Punol, makasih banyak ya mau bantu aku, padahal kita gak deket loh dan cuma kenal sebatas nama aja. Makasih ya" Dan gak sedikit juga yang cerita tentang kehidupan dia, pada part ini gue ngerasa costumer sudah memberikan kepercayaannya kepada gue. Which is good.

Gue suka menanyakan hal-hal lain kepada costumer.
"Ibu rumahnya dimana?"
"Ogitu ya pak...jauh juga ya pak kalau misalnya mesti bolak-balik ke sini setiap bulan.."
"Udah besar anaknya bu? Sekolah dimana.."
"Wah saya juga alumnus sekolah itu loh dek.."
"Ibu jualan? Boleh saya pesan? Coba dulu sih buu, gak banyak.."

Kalimat-kalimat yang menggugah orang untuk menjadi dekat dengan gue. You know, sometime I feel like home ketika bisa membuat pelanggan kita tersenyum dan bilang "Makasih ya mbak Putri, udah bantuin saya..."

Ya walaupun gak nutupin juga kalau banyak costumer yang nyebelin dan malesin banget kalau dia dateng haha.

Ada satu costumer, temenan sama gue di BBM. Beliau dari awal gue kerja sampai bulan ini gue terus yang handle. Dari mulai harga murah sampai jadi mahal, sampai beliau sempet keucap "Duh kalo harga naik terus begini saya mending pindah oprator aja lah mbak." sampai akhirnya gue bisa bujuk beliau untuk tetep pakai produk perusahaan gue, tetapi dengan produk yang berbeda dan akhrnya beliau puas.

Setiap beliau ke kantor, gue seneng karna beliau beli paket yang lumayan besar dan nambah catatan dipenjualan gue. Income gue untuk kantor gue jadi bertambah, sebagaimana semestinya tugas gue.

Tanggal 17 Agustus kemarin, gue dapet broadcast BBM dari beliau.......tapi bukan beliau yang ngirim...

"Saya cuma mau minta doanya untuk Ayah saya yang baru berpulang..." tulis broadcast tersebut. Entah kenapa gue kaget aja, rasanya beliau baru-baru ini ke kantor deh. Gue cek report nomer pelanggan yang telah gue handle, kebetulan gue hapal nomer beliau karna keseringan ngehandle beliau. Dan yaaaaaaaaaaaaap bener aja tanggal 10 Agustus lalu beliau ke kantor.

Ya Allah umur gak ada yang bisa tau ya. Sesadar gue, beliau kemarin sehat-sehat aja, dan ngobrol banyak juga tentang masalah kouta internet sama gue. Gue shock aja, bagaimana umur tidak bisa dibaca.

Dari kejadian itu, entah kenapa juga gue merasa lebih gimanaaaa gitu dalam menghadapi costumer yang datang. Pekerjaan gue, memposisikan gue untuk ketemu banyaaak sekali orang setiap harinya. And making a good relationship with them is a must. Gue gak tau mereka siapa, gue gak tau kehidupan mereka seperti apa, gue gak tau apa yang mereka hadapi. Yang gue tau gue butuh mereka sebagaimana mereka membutuhkan gue. Pelanggan gue mungkin berkurang satu, tapi dari kejadian itu gue belajar betapa harusnya melayani costemer dengan sebaik-baiknya. Coba lo bayangin, kalau gue ogah-ogahan ngehandle beliau, gak rela waktu gue dipake terlalu lama untuk dengerin cerita beliau, bt, gak ikhlas dengan kedatangan beliau dan gue gak tau kalau beliau sudah berpulang....kemana coba beliau mau cari ridhonya gue? Kita berpulang tentu ingin dengan hati tenang kan.

Dari hal sekecil ini aja seharusnya kita bisa sadar betapa pentingnya making a good relationship dengan orang-orang sekitar. Well, satu setengah tahun kerja, baru ini gue rasain kehilangan pelanggan karna meninggal. Al fatehah untuk beliau...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar